Pages

Senin, 29 November 2010

Tugas 7

5 Konsep pemasaraan 

Konsep pemasaran adalah sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa penuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahan.
Konsep produksi
Konsep produksi berpendapat bahwa konsumen akan menyukai produk yang tersedia dimana-mana dan harganya murah. Konsep ini berorientasi pada produksi dengan mengerahkan segenap upaya untuk mencapai efesiensi produk tinggi dan distribusi yang luas. Disini tugas manajemen adalah memproduksi barang sebanyak mungkin, karena konsumen dianggap akan menerima produk yang tersedia secara luas dengan daya beli mereka.

Konsep produk
Konsep produk mengatakan bahwa konsumen akan menyukai produk yang menawarkan mutu, performansi dan ciri-ciri yang terbaik. Tugas manajemen disini adalah membuat produk berkualitas, karena konsumen dianggap menyukai produk berkualitas tinggi dalam penampilan dengan ciri – ciri terbaik


Konsep penjualan
Konsep penjualan berpendapat bahwa konsumen, dengan dibiarkan begitu saja, organisasi harus melaksanakan upaya penjualan dan promosi yang agresif.

Konsep pemasaran sosial
Konsep pemasaran sosial berpendapat bahwa tugas organisasi adalah menentukan kebutuhan, keinginan dan kepentingan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan dengan cara yang lebih efektif dan efisien daripasda para pesaing dengan tetap melestarikan atau meningkatkan kesejahteraan konsumen dan masyarakat.

Konsep Pemasaran Global
Pada konsep pemasaran global ini, manajer eksekutif berupaya memahami semua faktor- faktor lingkungan yang mempengaruhi pemasaran melalui manajemen strategis yang mantap. tujuan akhirnya adalah berupaya untuk memenuhi keinginan semua pihak yang terlibat dalam perusahaan.

Perbedaan Pasar dan Pemasaran 

Pengertian pasar secara umum dan sering dikenal adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli. pasar menurut pemasaran dipandang sebagai sasaran atau tujuan kegiatan pemasaran.
 
Pemasaran adalah suatu proses perpindahan barang atau jasa dari produsen kekonsumen.

Menurut William J Stanton 
Pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan yang berhubungan dengan kegiatan-kegiatan usaha yang bertujuan merencanakan, menentukan harga, hingga mempromosikan dan mendistribusikan barang atau jasa yang memuaskan pembeli.

 Perbedaan Kebutuan dan Keinginan berdasarkan inti konsep pemasaran

Kebutuhan manusia (human needs) adalah ketidakberadaan beberapa pemuas dasar. Manusia membutuhkan makanan, pakaian, tempat berlindung, keamanan, hak milik dan harga diri.

Keinginan (wants) adalah hasrat akan pemuas kebutuhan yang spesifik. Orang daerah perkotaan membutuhkan makanan dan menginginkan hamburger, kentang goreng, dan minuman.

Marketing Mix

Konsep marketing mix merupakan salah satu konsep dalam pemasaran modern pada saat sekarang ini. Dimana konsep tersebut adalah salah satu kegiatan pemasaran yang sangat menentukan keberhasilan perusahaan dalam mengejar maksimum profit.

  • Product (produk)
Produk adalah sesuatu yang dapat ditawarkan pada suatu pasar guna mendapatkan perhatian untuk dimiliki, digunakan, dikonsumsi yang dapat memuaskan kebutuhan.
Suatu produk dapat berupa suatu benda, jasa dan keinginan lain-lain untuk melukiskan sesuatu yang dapat memenuhi keinginan. Untuk itu setiap pengusaha harus mengetahui perkembangan kebutuhan konsumen melalui penelitian pasar agar dapat mengetahui dan dapat menyesuaikan diri dalam menciptakan produk.
 
  • Price (harga)
Harga merupakan alat untuk mengukur nilai suatu barang, harga bagi produsen merupakan penentu bagi permintaan pasar dan mempengaruhi posisi pesaing perusahaan dalam merebut konsumen.
Harga merupakan indicator dari pada barang, dalam menetapkan harga perlu hati-hati dalam memperhatikan potensi pasar. Oleh sebab itu, menentukan harga perlu diperhatikan agar harga yang ditetapkan dapat dijangkau oleh konsumen disamping itu dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan.

  • Place (distribusi/tempat)
Produk yang telah dihasilkan oleh suatu perusahaan akan lebih berguna bagi kensumen/pembeli apabila produk tersebut tersedia pada tempat dan saat dimana saja dibutuhkan.

  •  Promotion (promosi)
Promosi adalah suatu usaha perusahaan atau individu memberikan informasi dan mempengaruhi serta menarik konsumen sicara lansung terhadap produk yang dihasilkan.





Jumat, 26 November 2010

Obat Tradisional untuk Influenza

Obat Tradisional Untuk Influenza, beberapa penyakit bisa di cegah dan diobati dengan obat tradisioanal. sudah di pahami bahwa flu di sebabkan olaeh infeksi virus yang menimbulkan sakit bila terjadi penurunan daya tahan tubuh seseorang. Maka beberapa tanaman obat tradisional dapat digunakan untuk mengatasi penyakit flu dengan meredakan gejala demam, pilek, batuk, nyeri otot dan tulang dan meningkatkan daya tahan tubuh. Lebih baik lagi bila tanaman obat tersebut mempunyai daya antivital. Tanaman obat tradisional dapat di gunakan secara tunggal atau dalam bentuk ramuan. Berikut ini beberapa tanaman obat tradisional yang telah diketahui dan bisa digunakan untuk mengatasi flu / influenza :

Tapak liman (Elephantophus scaber)
Dalam pengobatan tradisional cina, tapak liman di kenal sebagai tanaman yang memiliki rasa pahit, pedas, dan sejuk. Bisa digunakan untuk anti radang ( radang amandel dan tenggorokan, radang hati radang ginjal dan radan rahim ), peluruh air seni, menghilangkan bengkak, menetralkan racun, mengatasi perut kembung, disentri, pembersih darah, dan peluruh haid.
Ciplukan (Physallis peruviana L.)
Tanaman ini mempunyai rasa pahit dan sejuk, memiliki sifat sebagai pereda demam dan nyeri (anti piretik dan analgesik), peluruh air seni, penetral racun, dan mengaktifkan fungsi kelenjar kelenjar tubuh.
Sambiloto (Androgaphis paniculata Burm. F nees)
Tanama ini memiliki rasa pahit, dan dingin. Mempunyai fungsi menurunkan demam (antipiretik), anti radang, anti racun, anti bengkak dan mengaktifkan kelenjar kelenjar tubuh. Tanaman ini ini dapat merangsang fagositosis untuk meningkatkan aktivitas kekebalan seluler hingga efektif melawan virus ataupun kuman.
Pulutan (Urena lobata)
Tanaman ini memiliki rasa manis, tawar, dan sejuk. Memiliki efek menurunkan demam (antipiretik), anti radang memperbaiki fungsi kelenjar kelenjar tubuh
Meniran (Phylantus Urinaria Linn)
Tanaman ini memiliki rasa agak asam dan sejuk memiliki efek menurunkan demam, peluruh air seni
Anti radang (radang ginjal dan radang hepatitis) dan juga dapat menigkatkan kekebalan tubuh (berdasarkan penelitian dapat menigkatkan limfosit T)


http://www.roasehat.com/Tips/Tips-Kesehatan/Obat-Tradisional-Untuk-Influenza.html

Tugas 6

Macam sifat produksi
secara umum sifat prodiksi dibagi menjadi dua yaitu:
  • Proses produksi terus menerus ( Continuous Process )
Proses ini ditandai dengan aliran bahan baku yang selalu tetap atau mempunyai pola yang selalu sama sampai produk selesai dikerjakan, jenis produk ini biasanya untuk membuat produk secara massa atau dalam jumlah yang besar. 
Contoh: Industri pupuk, semen, makanan dalam kaleng, minuman dalam botol.
  • Proses Produksi terputus-putus ( Intermittent Process )
Dalam proses ini aliran bahan baku sampai produk jadi tidak memiliki pola pasti atau selau berubah-ubah. Antara produk jadi yang satu dengan produk jadi yang lain bisa berbeda-beda, jenis proses ini biasanya digunakan untuk melayani pesanan yang bisa berbeda-beda dalam hal jumlah, kualitas, disain maupuh harganya.
Contoh : Perusahaan percetakan, Perusahan meubel.


Penertian Produksi secara umum dan secara ekonomi  
Secara umum produksi adalah semua kegiatan untuk menciptakan dan menambah kegunaan suatu barang atau jasa dengan memanfaatkan faktor-faktor produksi yang tersedia. 
Secara ekonomi Produksi adalah  kegiatan yang dilakukan untuk memproduksi suatu barang atau lebih dengan jumlah yang besar dan menggunakan sumberdaya yang ada.

5 tanggung jawab keputusan produksi 
  • Proses : keputusan yang menentukan proses fisik atau fasilitas yang dipakai untuk memproduksi barang atau jasa. 
  • Kapasitas : menentukan besarnya kapasitas yang tepat dan penyediaan pada waktu yang tepat. 
  • Persediaan : manajer persediaan membuat keputusan-keputusan dalam bidang produksi, menyangkut apa yang dipesan, berapa banyak pemesan, serta kapan pemesanan dilakukan. 
  • Tenaga kerja : manajemen produksi memnentukan dan mengolah tenaga kerja atau sumber daya manusia menempati posisi yang sangat penting. 
  • Mutu atau kualitas : Tanggungjawab produksi yang penting dan harus didukung oleh organisasi atau perusahaan secara menyeluruh.
 

Tugas 5


Manajemen berasal dari bahasa Perancis kuno menagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Manajemen belum memiliki definisi yang mapan dan diterima secara universal. Mary Parker Follet, misalnya, mendefinisikan manajemen sebagai seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.
Organisasi merupakan sekumpulan orang yang bekerjasama dengan pembagian atau alokasi tugas dan tanggung jawab tertentu dalam system koordinasi dan pengaturan guna memudahkan pencapaian beberapa tujuan yang telah ditetapkan.

Perbedaaan Manajemen dan Organisasi ?
Manajemen merupakan suatu pengelolaan,pengorganisasian,pengaturan terhadap sesuatu hal/perusahaan.agar tercapainya tujuan dari perusahaan tersebut.sedangkan Organisasi merupakan suatu pengorganisasian/pengaturan terhadap suatu kegiatan agar dapat terlaksana dengan baik.


Mengapa Manajement selalu di butuhkan dalam setiap aktivitas kita ?

Dengan adanya manajemen, semua kegiatan kita bisa terlaksana sebagaimana mestinya. Karena sudah ada schedule atau jadwal, jadi kegiatan kita tidak akan terbengkalai. Jadi sesuai dengan apa yang telah kita jadwalkan dan ada patokan untuk melaksanakan kegiatan yang telah kita rencanakan itu. Jadi, kita harus memanage apa yang kita akan lakukan.

Prinsip koordinasi ?

Koordinasi adalah Suatu proses pengintegrasian tujuan dan aktivitas unit-unit yang terpisah dalam suatu perusahaan untuk mencapai  tujuan yang telah di tetapkan.
Dengan adanya fungsi koordinasi maka akan diperoleh manfaat :
  1. Terjadi efesiensi di semua bidang.
  2. Adanya suasana kerja yang tentram.
  3. Terdapat kesatuan tujuan dari masing-masing individu dalam organisasi.
  4. Menjamin adanya kesatuan sikap, tindakan, kebijakan, dan pelaksanaan dalam pekerjaan.
  5. Menghindarkan adanya konflik dan perebutan sumber /fasilitas dalam organisasi.
Manajer yang efektif dan efisien
Manajer yang efektif adalah manajer yang memiliki kemampuan guna memilih berbagai alternaitf yang ada untuk mencapai tujuan yang diinginkan. 
Manajer yang efisien adalah adalah manajer yang memiliki kemampuan untuk menyelesaikan tingkat ratio dari keluaran (output) dan masukan (input). Berapa besar biaya yang dikeluarkan untuk mencapai tujuan dibandingkan dengan hasil atau pendapatan yang diterima dari tercapainya tujuan tersebut.

Faktor yang mempunyai motivasi
  • Faktor Visi, Misi, dan Tujuan.
  • Tantangan.
  • Keakraban.
  • Tanggung jawab.
  • Kesempatan untu maju.
  • Kepemimpinan.

Kamis, 25 November 2010

Tugas 4

  • Merek adalah suatu (lambang) berupa gambar, nama, kata, huruf-huruf, angka-angka, susunan warna atau kombinasi dari unsur-unsur tersebut yang memiliki daya pembeda dan digunakan dalam kegiatan perdagangan barang dan jasa
  • Nama merek adalah suatu penamaan yang diberikan oleh seorang produsen, suatu perusahaan atau organisasi dalam kegiatan perdagangan barang dan jasa dalam produknya agar mudah diingat oleh seorang konsumen atau investor.
  • Logo adalah suatu bentuk gambar/sekedar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, perkumpulan, produk, negara, dan hal-hal lainnya yang dianggap membutuhkan hal yang singkat dan mudah diingat sebagai pengganti dari nama sebenarnya.
  • Merek dagang adalah istilah, nama, sebutan, atau ciri khas suatu barang dagangan yang membedakan dengan barang-barang lain meskipun sejenis.
  • Hak Cipta adalah Hak Khusus yang diberikan negara kepada pencipta untuk mengumumkan atau memperbanyak hasil ciptaannya dalam bidang ilmu pengetahuan atau Hak Ekslusif pencipta atau pemegang Hak Cipta untuk mengatur penggunaan hasil penuangan gagasan atau informasi tertentu.
       

Minggu, 21 November 2010

Tim Bulutangkis Penuhi Target

 
Liputan6.com, Guangzhou: Tim bulutangkis Indonesia memenuhi target pada Asian Games XVI/2010 dengan meraih satu medali emas ditambah tiga perunggu. Menurut manajer tim bulutangkis Indonesia, Yacob Rusdianto, Ahad (21/11), target Indonesia di bulutangkis memang satu emas dan itu terpenuhi melalui ganda putra.
Yacob menambahkan, sulit bagi Indonesia untuk bisa melakukan dominasi, pasalnya tim negara lain mencatat kemajuan yang signifikan dan membuat persaingan ketat. Negara manapun di Asia dan dunia tidak mungkin bisa melakukan dominasi karena kekuatan kian merata.
"Malaysia, Thailand, Cina Taipei juga memperlihatkan performance terbaik di Asian Games ini, dan satu emas dan tiga perunggu merupakan hasil maksimal," kata Yacob.
Seperti diketahui, medali emas dipersembahkan ganda putra Markis Kido/Hendra Setiawan, sedangkan perunggu dipersembahkan pasangan Alven Yulianto/ Muhammad Ahsan, serta dua perunggu lainnya dari nomor beregu putra dan putri. Hasil ini, menurut Yacob, merupakan bahan evaluasi ke depan untuk mempersiapkan regenerasi atlet secara lebih cepat dan tepat [baca: Markis Kido/Hendra Tambah Emas, Posisi Indonesia Naik].
Tim bulutangkis Indonesia rencannya akan kembali ke Tanah Air besok. Setelah berkumpul di pelatnas selanjutnya mereka akan kembali ke daerah masing-masing.(IAN/Ant)
 
http://id.news.yahoo.com/lptn/20101121/tsp-tim-bulutangkis-penuhi-target-b688366.html