Pages

Kamis, 14 Maret 2013

Analisis SWOT Terhadap Lingkungan Teknologi

Dalam lingkungan eksternal makro terdapat 8 aspek. yaitu,
1. Demografis               5. Budaya
2. Ekonomi                  6. Hukum
3. Politik                      7. Teknologi
4. Sosial                      8. Alam

Kali ini saya akan membahas mengenai Lingkungan Teknologi dan analisisnya terhadap SWOT:

Lingkungan Teknologi
Perkembangan teknologi sekarang ini semakin cepat dirasakan. Dengan datangnya internet, membuat semua aktifitas pekerjaan menjadi lebih cepat dan lebih efisien. Perkembangan teknologi ini juga dibarengi dengan berbagai inovasi dari berbagai perusahaan barang atau jasa. Contohnya pada mesin tik yang sekarang ini telah muncul alat hitung yang lebih canggih yaitu komputer. Hadir dalam berbagai fitur canggih yang diberikan oleh beberapa perusahaan untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
Seiring berjalannya waktu, berbagai inovasi komputer pun muncul dengan fitur, bentuk, ukuran yang beragam, serta harga yang bersaing. Awalnya komputer ini berbentuk PC atau Personal computer yang ukurannya besar yang hanya dapat di taruh di satu tempat saja seperti di rumah atau di kantor. Namun sekarang ini jaman yang sudah modern dengan munculnya ahli ahli baru dalam teknologi, maka terciptalah komputer jinjing atau biasa disebut dengan laptop. Laptop hadir dengan berbagai fitur canggih melebihi PC. Dengan ukuran yang mempermudah untuk di bawa kemana saja dari mulai 7inchi hingga 16inchi. Dan berbagai contoh lain yang ada disekitar kita.

Analisis SWOT

·           Strenght (kekuatan)
Strenght adalah kekuatan yang dimiliki sebuah perusahaan. Kelebihan yang dimiliki perusahaan dalam mengelola kinerja perusahaannya. Dengan teknologi, semua pekerjaan dalam suatu perusahaan akan menjadi lebih mudah, cepat dan efisien.

·           Weakness (kelemahan)
Weakness adalah kelemahan-kelemahan yang dimiliki perusahaan. Dalam hal ini setiap perusahaan harus mampu meminimalkan dampak kelemahan yang mereka miliki terhadap kinerja perusahaan. Dan juga harus menindaklanjuti kelemahan yang mereka miliki agar dapat menemukan solusi dan strategi untuk menembus pasar. Kelemahan dalam teknologi adalah dengan maraknya kemajuan teknologi saat ini, pekerjaan manusia mulai digantikan dengan mesin atau teknologi. Jadi, dapat menambah angka pengangguran di Indonesia.

·           Opportunity (peluang)
Opoortunity adalah peluang perusahaan untuk meningkatkan daya saing serta untuk menciptakan inovasi-inovasi baru dalam pemenuhan kebutuhan berupa produk-produk yang berkualitas di pasaran. Peluang juga dapat digunaan untuk memperluas jaringan pemasaran produk. Dengan teknologi, perusahaan dapat lebih mudah memasarkan barang yang di produksinya, misalnya dengan membuat iklan baris di beberapa situs internet, jejaring sosial bahkan membuat web sendiri.

·           Threate (ancaman)
Threate adalah ancaman bagi perusahaan baik itu dari luar maupun dalam. Ancaman dari dalam dapat berupa adanya perpecahan akibat suatu perbedaan tujuan dan pandangan antara satu divisi dengan divisi lain atau salah paham antar individu atau kelompok. Ancaman dari luar berupa penilaian seputar dimensi mikro perusahaan, faktor ekonomi, sosial budaya, pasar, biaya, pesaing, pelanggan, pemerintah, politik dan teknologi. Ancaman dalam lingkungan teknologi di suatu perusahaan yaitu data-data dan dokumen-dokumen penting perusahaan mudah d heck oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang disebut hecker. Hecker sangat merugikan perusahaan karena meraka merusak sistem suatu perusahaan dengan ahlinya.

Sumber : http://citraayuananda.blogspot.com

0 komentar:

Poskan Komentar