Pages

Kamis, 14 Maret 2013

Universitas Gunadarma

1. Sejarah Universitas Gunadarma
Sebelum menjadi nama Universitas Gunadarma, UG telah mengalami banyak perubahan nama. Antara lain Akademi Sains dan Komputer Indonesia (ASKI) didirikan pada 7 Agustus 1981 oleh sekelompok ahli ilmu komputer di Indonesia mendirikan pusat pendidikan komputer yang sebelumnya juga mendirikan Program Pendidikan Ilmu Komputer. Lalu pada 10 Juli 1984, Akademi Sains dan Komputer berubah nama menjadi Sekolah Tinggi Komputer Gunadarma (STKG). Nama Gunadarma memiliki 2 arti yaitu nama arsitek ternama yang membangun candi Borobudur, dan mencerminkan bakti kepada masyarakat dalam wujud guna dan darma.
Pada 5 oktober 1985, STKG berubah nama menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Teknologi Gunadarma (STMIK Gunadarma) yang mengasuh dua jenjang pendidikan yaitu Program Pendidikan Strata Satu (S1) dan Strata Nol (D3), sedang jurusan yang dimiliki adalah jurusan Manajemen Informatika dan Teknik Komputer. Pada 4 Januari 1988, STMIK Gunadarma memperoleh status diakui dari SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.006/0/1988. Jurusan Manajemen Informatika dan Teknik Komputer STMIK Gunadarma memperoleh status disamakan dari Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.0490/0/1989 pada 12 Agustus 1989. Dan jurusan Teknik Informatika muncul dengan status terdaftar. Program pendidikannya berkembang dengan adanya program pasca sarjana (S2). 13 Januari 1990, Gunadarma mendirikan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gunadarma (STIE Gunadarma) dengan jurusan Akuntansi dan Manajemen.
Jika ditahun pertama, Gunadarma hanya memiliki kampus di Kampus Jalan Kenari, Kampus Kramat Sentiong, dan Kampus Salemba, maka di tahun ketiga Gunadarma melakukan perluasan kampus karena jumlah mahasiswa yang terus menambah maka dibangunlah Kampus Pondok Cina Depok sebagai kampus barunya dan juga sebagai Kampus pusat dari semua kampus yang dimiliki Gunadarma yang terpencar dari tengah Jakarta sampai Depok.
Karena jumlah mahasiswa yang begitu banyak, maka Gunadarma mendirikan kampus baru lagi yaitu di Jalan Akses UI Kelapa Dua yang kini telah memiliki 5 gedung perkuliahan.Dan memiliki Laboratorium Komputer, Laboratrium Elektronik Dasar, Laboratorium Fisika. Laboratorium tersebut diperuntukan meningkatkan praktek mahasiswa.
Setelah 15 tahun, dari PPIK, ASKI, STMIK dan STIE Gunadarma, pada tahun 1996 lembaga pendidikan itu sampai ke taraf yang sudah menjadi cita-cita. Melalui Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi No. 92/Kep/Dikti/1996, pada 3 April 1996, Lembaga pendidikan ini dikukuhkan menjadi Universitas Gunadarma (UG). Dengan memiliki sejumlah Fakultas dari Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Psikologi dan Fakultas Sastra hingga Jurusan Kebidanan yang baru di bentuk tahun 2008 yang tersebar di 10 kampus.

2. Arti Lambang pada Logo Universitas Gunadarma



Tangkai Obor Berdiri Tegak
Melambangkan keteguhan hati untuk menyumbangkan dharma bakti kepada Nusa dan Bangsa

Cawan Obor yang Melebar dan Cekung
Adalah wadah dari ilmu pengetahuan yang luas dan mendalam

Kobaran Api yang Kuning Keemasan
Menunjukan semangat juang yang tak pernah padam dalam menurut ilmu dan menyumbangkannya kepada masyarakat

Bentuk Lingkaran yang Berwarna Ungu
Adalah suatu bentuk geometris yang memberi ciri pada ilmu pengetahuan yang ditekuni dan dikembangkan

Bingkai Segi Lima
Menyatakan bahwa Universitas Gunadarma berazaskan Pancasila


3. Visi, Misi dan Tujuan Universitas Gunadarma
Visi
"Menjadi Universitas berbasis Teknologi Informasi yang terkemuka di Indonesia"

Misi
"Memberi kontribusi dalam pembangunan ekonomi yang berkesinambungan dan meningkatkan kemakmuran masyarakat, menyumbang pendidikan yang bermutu tinggi pada masyarakat sebagai sarana untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas, professional, kompeten, dan sesuai dengan kebutuhan bangsa untuk saat ini dan yang akan datang, memainkan peranan penting dalam ilmu yang berbasis teknologi informasi dan pengembangan teknologi, memenuhi kebutuhan masyarakat melalui pengenalan, pengalihan dan penyebaran ilmu pengetahuan yang relevan untuk mencapai kualitas standar nasional dan internasional dalam setiap aspek kehidupan masnusia"

Tujuan
"Menjadikan Program Studi yang ada sebagai Program Pendidikan Unggulan masa depan yang berbasiskan Teknologi Informasi dan mampu menghasilkan kualitas sumber daya manusia yang relevan dengan tuntutan kebutuhan pembangunan Bangsa dan Negara"

4. Mars Gunadarma
Majulah Gunadarma
Majulah putra Indonesia
Tuntut ilmu bersmangat baja
Tuk mengemban tugas mulia

Majulah Gunadarma
Majulah putra Indonesia
Kibarkan panji-panji cita
Tonggak membangun Negara

Hiduplah Gunadarma
Hidup siswa dan pendidiknya
Mengabdi pada Negara
Bangsa nan Jaya

5. Fakultas dan Jurusan yang terdapat di Universitas Gunadarma 

1. Fakultas Ilmu Komputer
  • S1 Sistem Informatika
  • S1 Sistem Komputer
  • D3 Manajemen Informatika
  • D3 Teknik Komputer
2. Fakultas Ekonomi
  • S1 Akuntansi
  • S1 Manajemen
  • D3 Akuntansi Komputer 
  • D3 Manajemen Keuangan
  • D3 Manajemen Pemasaran
3. Fakultas Tekhnologi Industri
  • S1 Teknik Informatika
  • S1 Teknik Elektro
  • S1 Teknik Mesin
  • S1 Teknik Industri
4. Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan
  • S1 Teknik Sipil
  • S1 Teknik Arsitektur
5. Fakultas Psikologi
  • S1 Psikologi
6. Fakultas Sastra
  • S1 Sastra Inggris
7. D3 Kebidanan



6. Alamat Kampus Universitas Gunadarma
Jl. Margonda Raya No.100 Pondok Cina, Depok. Telp. 7520981, 7863819, 78881112
Jl. Akses UI Kelapa Dua, Cimanggis. Telp. 8719525, 8727541
Jl. Kenari No. 1 . 3, Jakarta Pusat. Telp. 31930220, 31930226
Jl. Salemba 53, Jakarta Pusat, Telp. 3906518, 3908568
Jl. KH. Noer Ali, Kalimalang, Bekasi. Telp. 88860116, 88860118
 
 
Sumber : http://citraayuananda.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar