Pages

Selasa, 27 September 2011

Krisis Global dan Antisipasi Indonesia

Menjelang berakhir 2011, perekonomian global kembali dihadapkan dengan situasi yang tidak menggembirakan, khususnya dari Amerika Serikat (AS) dan Eropa. Kondisi perekonomian AS masih melemah dan tertekan oleh tingginya pengangguran. Kondisi ekonomi Eropa juga semakin mengkhawatirkan.

Tingginya kekhawatiran pasar terhadap posisi fiskal Italia dan Spanyol telah membuat Bank Sentral Eropa akhirnya memutuskan untuk mengambil langkah darurat dan mulai meningkatkan program pembelian asetnya dengan membeli obligasi pemerintah Italia dan Spanyol.

Pertumbuhan ekonomi dunia secara umum juga terlihat melemah, sebagaimana ditunjukkan oleh data-data Purchasing Manager Index (PMI) global.

Berdasarkan data dari Markit, The JPMorgan Global PMI Output Index pada Agustus lalu berada di level 51,5, yang menunjukkan ada tren penurunan pertumbuhan ekonomi global dibandingkan posisi tertinggi yang terjadi pada Februari 2011 yang berada di level 59,1.

Angka PMI Agustus ini merupakan terendah sejak dua tahun lalu ketika PMI berada di atas batas netral,50,0. Pada 2012 prospek perekonomian global diperkirakan masih akan tertekan.

Pada Juni 2011, IMF memproyeksikan pertumbuhan ekonomi global pada 2012 sebesar 4,5 persen, naik tipis dibandingkan proyeksi untuk 2011 sebesar 4,3 persen. Proyeksi untuk 2011 dan 2012 tersebut, itu pun dengan catatan perekonomian China bisa tumbuh 9,5 persen.

Namun, pada 19 September lalu, IMF kembali mengoreksi proyeksinya untuk 2011 dan 2012 menjadi masing-masing hanya empat persen, dengan catatan yang sama: China bisa tumbuh 9,5 persen.

Indonesia Terpapar

Kondisi ekonomi global tersebut tentu tidak menguntungkan bagi Indonesia. Indikasinya sudah terlihat dari kinerja pasar keuangan kita.

Sejak Agustus lalu, IHSG mengalami pelemahan. Beruntung, kondisi fundamental makroekonomi dan mikro emiten kita cukup solid sehingga mampu menahan gejolak yang berlebih, sehingga koreksi yang terjadi relatif minimal.

Indikasi ada kekhawatiran terkait dampak rentetan (contagion effect) krisis AS dan Eropa juga dapat dibaca dari kebijakan yang dikeluarkan pihak otoritas.

Demi menjaga stabilitas perekonomian di tengah meningkatnya ketidakpastian sistem keuangan global, Bank Indonesia (BI misalnya tetap mempertahankan level BI Rate sebesar 6,75 persen). Padahal, BI memiliki peluang untuk menurunkan BI Rate-nya di level 6,50 persen mengingat besarnya ekses likuiditas akibat masuknya dana-dana asing ke Indonesia.

Selain itu, untuk mendorong kegiatan di pasar uang antarbank, BI juga memperlebar batas bawah koridor suku bunga operasi moneter yang semula 100 bps menjadi 150 bps di bawah BI rate.

Saat ini efek yang ditimbulkan akibat ketidakpastian perekonomian global memang masih terbatas. BI memperkirakan pertumbuhan ekonomi kuartal III-2011 akan mencapai 6,6 persen.

Ekspor diperkirakan masih tumbuh cukup tinggi sejalan dengan perkiraan masih tingginya realisasi perdagangan dunia serta harga komoditas dunia. Namun, pengaruh penurunan pertumbuhan ekonomi global diperkirakan akan mulai terasa pada kinerja ekspor kita, setidaknya pada kuartal IV-2011.

Indikasinya sudah dapat terlihat dari penurunan harga komoditas (yang menjadi salah satu penyumbang utama ekspor nonmigas kita) yang terjadi dalam beberapa bulan terakhir ini.

Sebagai misal, tren harga CPO cenderung turun selama 2011. Bila pada periode Januari– Maret 2011 harga CPO berada di level USD1.251 per ton, selanjutnya turun menjadi USD1.147per ton (April–Juni 2011), dan pada Agustus lalu menjadi USD1.083 per ton.

Berdasarkan proyeksi Bank Dunia, harga CPO pada 2012 akan menurun berada di bawah USD1.000 per ton. Harga minyak mentah dunia juga cenderung turun, di mana harga minyak WTI kini berada di bawah USD90 per barel.

Beruntung minyak mentah kita sebagian besar di ekspor ke pasar Asia, yang masih memperoleh harga yang relatif lebih tinggi. Penurunan harga ini hampir terjadi pada seluruh komoditas primer yang diekspor Indonesia.

Penurunan harga-harga ini terutama dipengaruhi oleh ekspektasi akan menurunnya demand atas berbagai komoditas primer akibat melemahnya ekspektasi pertumbuhan ekonomi global dan tingginya risiko perekonomian global.

Kondisi ini diperkirakan akan menyebabkan melambatnya volume perdagangan dunia, yang akhirnya akan memengaruhi perdagangan luar negeri (khususnya ekspor) Indonesia.

Situasinya diperkirakan akan mirip dengan pelemahan ekspor Indonesia yang terjadi pada 2008,di mana sejak September 2008 hingga kuartal I-2009, ekspor Indonesia mengalami penurunan.

Secara umum, pelemahan sektor perdagangan Indonesia ini akan mengganggu kinerja perekonomian Indonesia. Khusus pada 2011,dampaknya memang relatif rendah karena pertumbuhan ekonomi kita akan tertolong oleh kinerja sektor konsumsi: masyarakat dan pemerintah yang diperkirakan tinggi pada kuartal III dan IV-2011.

Namun, untuk 2012, bila tidak ada effort yang luar biasa,sepertinya kita harus rela menunda obsesi kita untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi tujuh persen, sebagaimana yang menjadi target dalam Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) 2011-2015.

Untuk mencegah dampak penurunan yang lebih dalam akibat perlambatan pertumbuhan ekonomi global, penguatan ekonomi domestik menjadi hal yang vital.

Penulis berpendapat langkah-langkah pengamanan melalui penguatan ekonomi domestik yang pernah ditempuh pada 2009 (sebagai antisipasi krisis global pada 2008), baik di bidang fiskal maupun moneter, tetap relevan untuk kembali diterapkan pada 2012.

Saat ini momentum yang tepat untuk melakukan berbagai penyesuaian atas kebijakan yang ada. RAPBN 2012 sedang dalam pembahasan sehingga terdapat ruang untuk melakukan penyesuaian,misalnya kembali merancang insentif fiskal.

BI juga masih memiliki ruang yang cukup dengan memanfaatkan instrumen suku bunga serta bauran kebijakan moneter dan makroprudensial lainnya untuk memitigasi potensi penurunan kinerja perekonomian.

Termasuk pula, pembahasan undang-undang tentang Jaring Pengaman Sistem Keuangan (JPSK) juga harus dituntaskan agar kita miliki protokol yang jelas dalam penanganan krisis sistem keuangan. Jadi, jangan sampai kita kehilangan momentum.

SUNARSIP
Ekonom Kepala The Indonesia Economic Intelligence (IEI)
(Koran SI/Koran SI/ade)

1 komentar:


  1. MODAL 50 RIBU SUDAH BISA JADI JUTAWAN!


    LANSUNG CEK ZEUSBOLA YA BOSQU



    WHATSAPP :+62 822-7710-4607
    TELEGRAM :@zeusbola
    FACEBOOK :zeusbolame
    INSTAGRAM :@zeusbola.official
    TWITTER :@zeusbola

    #depositaman #situsbandarterpercaya #pokeronline #depositpulsa #promoterbaru #sabungayam #zeusbolaterbaik #slotjudionline #bonusterbaik

    BalasHapus